Selasa, 03 Juli 2018

Tenggiri Asam Pedas Kemiri

 
Kalau ngomong soal makanan, yakin deh nggak bakal habis-habisnya. Ada saja yang bisa dimasak dan dikreasikan, meskipun dengan bahan seadanya dan apa adanya 😁.

Nah, kebetulan di kulkas adanya Ikan Tenggiri sama buah labu. Langsung deh eksekusi. Maklum, perut sudah mulai meronta pengen diisi segera. Tidak hanya soal bahan, bumbu pun saya sering menggunakan bumbu seadanya, apa yang ada di rumah. Soalnya kalau mau beli, kadang sudah nggak keburu, apalagi kalau warung penjual sayur rada jauh. Nah, ini adalah masakan hasil eksekusi saya kemarin. Semoga suka ya, πŸ˜‰.

Tenggiri Asam Pedas Kemiri

Bahan:

  • 1 Ekor ikan Tenggiri, potong dan bersihkan. Lalu beri perasan air jeruk nipis.
  • 1 buah labu sayur, potong kecil, cuci bersih.


Bumbu:

  • 10 biji cabai merah keriting (sesuai selera aja), giling.
  • 5 siung bawang merah, iris.
  • 2 siung bawang putih, iris.
  • 3 butir kemiri, giling halus.
  • 1 ruas laos, cuci & geprek.
  • 1 buah serai, ambil bagian putihnya, iris.
  • 3 daun jeruk.
  • 5-6 sdm minyak goreng untuk menumis.
  • Asam kandis secukupnya.
  • Air 500 ml.
  • Garam secukupnya.


Cara Memasak:

  1. Panaskan minyak, lalu goreng bawang merah dan putih.
  2. Masukkan cabai giling, dan semua bumbu lainnya. Masak hingga harum.
  3. Lalu masukkan ikan dan labu, lalu tambahkan air. Aduk perlahan. Jangan lupa masukin garamnya yaπŸ˜‰.
  4. Masak hingga labu agak lunak, kemudian kecilkan api. Tunggu hingga air sedikit menyusut agar kuah sedikit lebih kental.
  5. Masakan siap dihidangkan dan dinikmati bersama keluarga.


Buat menambah semarak saat makan, bisa juga sedia rebusan sayur atau lalapan. Kalau soal lalapan, biasanya saya sediakan mentimun atau petaiπŸ˜‚. Nah, kalau mamah-mamah, dimasak apa aja nih kalau hanya punya ikan dan bumbu seadanya di rumah? 

40 komentar:

  1. Saya belum pernah nih nyobain Tenggiri asam pedas kemiri enak, look so yummy deh sepertinya, catet ah resepnya mau nyobain bikin hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu mbak dicobain. Masaknya pakai kemiri lebih maknyusss

      Hapus
  2. Wih seger banget ini pasti kuahnya yak...menggugah selera makan tampilannya..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, insyaa allah pengen nambah makannya

      Hapus
  3. Kalau ditambah nanas, kayaknya bakal lebih endes nih mbak..
    Apalagi saya gak terlalu suka labu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl labu mau diganti nanas juga boleh, sesuaikan dgn selera aja mbak. Krn pas kebetulan di rumah adanya labu 😁

      Hapus
  4. wih seger ini mah dimakan siang hari saat panas , hemmmm

    BalasHapus
  5. Wahhh saya belum pernah coba pakai ikan tenggiri.. lihat fotonya jd kepingin..hihihi.. kyknya wajib dicoba nih.. mmg doyan bgt sama asem2 seger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib coba mbak. Aalagi masak asamnya kali ini saya pakai kemiri

      Hapus
  6. Pake nasi panas pasti seru nih... Ngiler jadinya wkwkw

    BalasHapus
  7. Mamah kenyang,,ini sama gak dengan asam padeh nya Bengkulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang lebih, hanya saja saya menambahkan kemiri agar rasanya makin josss

      Hapus
  8. Saya baru dengar asam kandis mba? Bentuknya seperti apakah? Cair, bubuk atau apa mam?

    Btw aku pertama kali lihat gambarnya langsung gemes pengen celupin nasi putih anget rasanya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asam kandis itu buah mbak. Biasa dipakai juga buat bikin gulai asam sama ibu. Kl di daerah saya (Bengkulu) terkenal dua asam, yakni asam jawa yg biasa ada di warung sama asam kandis yang biasa diambil di pohonnya

      Hapus
  9. Makanan ini dari daerah mana mba? Mirip masakan padang ya hihihi. Mama aku suka masak ikan asam pedas ini πŸ˜ƒ

    BalasHapus
  10. Kalau di rumahku, asamnya itu selain pakai asam kandis lebih pakai nanas. Hmmzz nikmat dan gurih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak juga kayanya pakai nanas ya mbak. Blm pernah nyoba saya

      Hapus
  11. Kak saya contek ya resepnya. Sedap banget kayaknya. Sekeluarga doyan sama yang asem asem soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan mbak dan semoga suka ya sama resepnya

      Hapus
  12. Aku sering juga nih masak dengan bumbu ini. Tapi aku bilangnya asam padeh, dan biar makin seger tambahin belimbing wuluh...

    BalasHapus
  13. Eh.. seger nih. Pakai kemiri biar ada greges crunchy2 gitu ya? Mau coba ah di rumah. Lumayan nambah menu baru.

    BalasHapus
  14. Jadi Keingetan masakan khas Banjarmasin. Dikira sama tyt yg dipake tenggiri segarr. Disini kami sukanya tenggiri asin dimasak asam manis enak bangett. Klo tenggiri segar biasanya buat empek2 atau batagor. Tp boleh lah ya coba2 bikin, kayaknya enaak..

    BalasHapus
  15. Aku tuh di rumah termasuk yang jarang masak lauk Ikan, karena bingung mau dimasak apa yang anak-anak suka. Sekarang pengen contek resep nya Mba Elva ehehe

    BalasHapus
  16. Nambah lagi resep olahan ikan, makasih ya mba. Soalnya aku kalau masak ikan ya taunya digoreng aja, kalau sup ikan masih sering bau amis. Boleh dicoba nih

    BalasHapus
  17. Nyontek aaah, makasih ya Mbak idenya, jadi ada variasi lagi kalau masak ikan :).

    BalasHapus
  18. Wah, boleh dicoba nih..hihihi

    BalasHapus
  19. Yummy, tampak lezat aja kali
    Jadi kepingin ikutan coba bikin buat orang rumah deh :)
    Kalau ikannya di ganti bisa kali ya mba

    BalasHapus
  20. Belum pernah nyobain masak ikan selain goreng ataupun difilet buat digoreng dengan tepung. Takut bau amis kalau dimasak kuah

    BalasHapus
  21. Dimakan bareng nasi hangat dan kerupuk enak banget itu. Pasti aku nambah kalau disediain begitu.πŸ˜„

    BalasHapus
  22. Tenggiri enak dibikin pempek aja

    BalasHapus
  23. Mantap banget masakannya, asli buat ngiler

    BalasHapus
  24. Mba kayaknya bikinnya gampil nih. Mau euy coba bikin kalo nanti pas senggang. *senggangnya kapan Dek Ntan btw? xD

    BalasHapus
  25. secara saya penggemar ikan dan olahan dengan rasa pedas, resep ini sukses bikin saya lapar mulu euy..
    *brb ngutak-atik isi dapur*

    BalasHapus
  26. rasanya pasti seger ya apalagi kalau dinikmati selagi panas bersama nasi pulen. nikmat tiada tara...

    BalasHapus
  27. Aku suka nih mba ikan diolah kayak gini. Seger banget rasanya. Tapi suami gak suka ikan kalau gak digoreng, jadilah jarang dan hampir gak pernah masak olahan ikan basah.

    BalasHapus
  28. Saya paling suka asam pedes, seger rasanya, bebas santan pula. Masakan khas Minangkabau.

    BalasHapus
  29. Biasa tenggirinya saya bikin pempek dan tekwan...baca ini jadi ada ide masak yang lain deh. Makasih Mbak :)

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung serta berkenan meninggalkan komentar dan masukan. Dimohon untuk tidak menanam link. :)